Friday, November 2, 2012

Membuat Cetakan Resin dari Silicone Rubber

Akhirnya dapat juga artikel tentang cara membuat cetakan untuk membuat kerajinan dari resin yang sedang dipelajari ya. Artikelnya adalah sebagai berikut (sudah sedikit diedit kata-katanya ya):

Membuat Molding Resin Menggunakan Silicone Rubber

Ketika ingin membuat benda dari resin dimana tidak ada cetakan yang tersedia dipasaran ataupun cetakan tersebut memiliki kerumitan yang lebih tinggi, maka salah satu pilihan yang paling feasible untuk dipilih adalah cetakan dari bahan silicone rubber.

Bahan silicone rubber ini bahan dasarnya adalah karet yang telah diolah sedemikian rupa sehingga dalam keadaan dasar dia bersifat liquid (cairan), namun dengan penambahan hardener dia akan membeku setelah beberapa saat hingga beberapa hari tergantung konsentrasi pencampurannya.

 silicone rubber dan hardener

Saat ini ada 2 jenis silicone rubber yang dijual, yakni silicone rubber RTV 585 dan RTV 586.

Silicone rubber RTV 585 harganya lebih mahal dari Silicone rubber RTV 586. Harganya berkisar antara 200-300 ribu perkilo beserta hardenernya. Sementara Silicone rubber RTV 586 harganya berkisar antara 150 – 200 ribu perkilo.

Dari sifatnya, setelah membeku, Silicone rubber RTV 585 memiliki sifat lebih padat dan kaku bila dibandingkan Silicone rubber RTV 586, sehingga umur pakainya jauh lebih lama daripada Silicone rubber RTV 586. Namun, Silicone rubber RTV 585 tersebut menggunakan hardener yang bereaksi dengan udara, sehingga bila hardenernya lama tidak digunakan, akan membeku dan kita tidak dapat lagi menggunakan silicone rubber nya, karena hardener dan silicone rubber tersebut dijual sepaket.  Penulis sendiri memilih menggunakan Silicone rubber RTV 586, karena lebih murah dan lebih tahan disimpan.

Berbeda dengan resin, dalam proses pembekuan silicone rubber ini tidak menimbulkan panas.

Untuk membuat atau menduplikasi benda rumit, maka kita harus memiliki masternya terlebih dahulu. Master ini dapat dibuat dari bahan kayu, resin, fiberglass, plastik, melamin, tanah liat, dan sebagainya.

Berikut adalah tahapan-tahapan membuat silicone rubber molding (cetakan dari karet silikon) untuk desain dasar:

1. Siapkan silicone rubber, hardener dan master cetakan. Untuk alat bantu dapat menggunakan lego dan lilin mainan.

bahan-bahan dan alat bantu untuk membuat cetakan silicone rubber

2.  Susun master diatas lilin mainan dan lingkupi dengan lego, buat kotaknya seoptimal mungkin mengingat harga silicone rubber yang cukup mahal. Bagian-bagian yang kira-kira memungkinkan merembesnya silicone rubber dijejali dengan lilin mainan.

tahap penyusunan master cetakan

3. Tuangkan silicone rubber secukupnya ke wadah pengaduk, tambahkan hardener lebih kurang 5% dari jumlah silicone rubber . Catatan bahwa, semakin banyak  hardener yang digunakan, semakin cepat pula cetakan membeku.

Aduk hingga kedua bahan tercampur merata, kemudian tuangkan keatas master.

mencampur dan menuangkan silicon rubber ke susunan master cetakan

4.  Setelah selesai, berikutnya menunggu…kalo sedang bernasib mujur, cetakan akan membeku dalam waktu 3 jam, tapi kalo sedang sial cetakan akan membeku dalam 1 minggu. Sekali lagi, ini tergantung konsentrasi dari campuran yang dibuat.

Kita tidak bisa mengepaskan benar campuran ini, karena silicon rubber bersifat agak lengket, sehingga sulit untuk ditakar, kecuali bila wadah yang digunakan memiliki skala ukuran. Disarankan, bila model yang hendak diduplikasi memiliki detail-detail penting yang hendak ditonjolkan, maka gunakanlah konsetrasi yang lebih rendah. Karena, walaupun dia akan membeku selama beberapa hari, tetapi detail tersebut akan tertutupi seluruhnya oleh silicone rubber.

5.  Setelah cetakan membeku, dengan hati hati, lepaskan master dari cetakan. Jangan dipaksa, karena sobekan pada molding/cetakan akan tercetak pada produk hasil molding tersebut.

proses pelepasan alat bantu

Selamat mencoba. 

Sumber: http://nurulimansupardi.wordpress.com/2009/05/25/membuat-molding-resin-menggunakan-silicone-rubber/

Posting Terbaru

No comments:

Post a Comment