Friday, November 2, 2012

Membuat Kerajinan Dari Resin Bening

Ingin belajar membuat kerajinan dari resin berupa gantungan kunci yang didalamnya bisa diisi dengan sesuatu seperti serangga yang sudah diawetkan tapi tidak tahu caranya. Tapi akhirnya setelah googling sana sini, ketemu juga artikel yang bisa menjelaskan dengan cukup baik bagaimana caranya membuat kerajinan dari resin yang dalamnya bisa diisi dengan sesuatu. Caranya adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:
1. Resin Bening.
2. Katalis.

Bahan Pendukung:
1. Mal atau wadah cetakan, bisa bekas Tupperware, wadah kue atau bekal atau jika ingin lebih artistik lagi bisa dibuat dengan Silicon Rubber RTV.
2. Bahan untuk isian, bisa diisi seperti koin, manik-manik, kerang-kerangan, serangga yang sudah diawetkan dll. 
3. Release Agent /Wax/Mirror Glaze/Semir. Ini hanya optional jika diperlukan, digunakan untuk mengolesi wadah cetakan yang kira-kira hasil cetakannya nanti susah dikeluarin.
4. Wadah untuk mencampur dan mengaduk resin dan katalis. Untuk resin bening pakailah yang standar untuk bahan kimia, karena kalau pakai plastik biasa, seperti bekas gelas air mineral, akan mempengaruhi kejernihan hasil akhirnya.

peralatan dan bahan untuk membuat kerajinan dari resin Peralatan dan bahan.

Proses pembuatan kerajinan dari resin:
Kalau hasil akhir yang diinginkan hanya satu warna (bening saja) + ada isiannya, maka tahapannya hanya dua proses saja. Sedangkan jika ingin dua atau lebih warna, maka bisa menjadi tiga proses tahapan dan seterusnya.

1. Buat adonan untuk lapisan pertama (yang nanti akan menjadi bagian atas). Tuangkan resin bening kurang-lebih sama dengan volume wadah cetakan. Setelah itu tambahkan beberapa tetes Katalis dengan perbandingan normal 10:1 (Resin:Katalis).

Proses pencampuran resin dengan katalis (10:1)Proses pencampuran resin dengan katalis (10:1)

2. Segera aduk campurann sampai rata. Dalam proses ini perlu diperhatikan bahwa warna resin akan berubah menjadi agak keruh. Hal itu tidak mengapa, itu pertanda bahwa katalis-nya sedang bekerja. Setelah campuran resin dan katalis diaduk rata jangan langsung dituang ke dalam wadah cetakan, tunggu sampai gelembung-gelembung udaranya menghilang. Jangan khawatir campurannya keburu keras, jika perbandingan Resin:Katalis-nya tadi benar 10:1 maka proses pengerasannya masih cukup lama ya.

Setelah resin dan katalis dicampur dan diaduk, akan muncul gelembung udara.Setelah resin dan katalis dicampur dan diaduk, akan muncul gelembung udara.

3. Tunggu beberapa menit sampai campuran resin dan katalis menjadi seperti gel. Jadi tidak terlalu keras dan agak sedikit lembek.

4. Setelah campuran resin dan katalis menjadi gel, segera buat campuran baru yang sama untuk lapisan kedua. Siapkan pula bahan isian yang akan dimasukkan, dalam gambar contoh itu adalah sebuah koin. Agar tidak muncul gelembung di sekitar benda isian ketika nantinya sudah jadi (keras), ketika akan memasukkan benda isian, maka semua bagiannya harus dilumuri dengan campuran resin dan katalis untuk lapisan kedua tersebut, bersamaan dengan menuangkan campuran lapisan kedua tersebut diatas lapisan pertama yang sudah menjadi gel tadi.

Cara meletakan isian Cara meletakan isian.

5. Untuk hasil akhir yang hanya dengan satu warna saja, maka proses pembuatan kerajinan dari resin tersebut sudah selesai, tinggal menunggu mengerasnya semua lapisan resin tadi. Namun jika ingin menambah dengan lapisan warna yang lain lagi, maka ulangi langkah no. 4 dengan menambahkan pewarna secukupnya pada campuran resin dan katalis.

6. Setelah mengeras, maka hasil akhir dari kerajinan dari resin bening siap dikeluarkan dari wadah cetakan.

hasil-jadiHasil akhir.

sumber: http://resinkatalis.wordpress.com/2009/11/07/membuat-benda-fiberglass-bening/

Posting Terbaru

7 comments:

  1. makasih om postingannya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. Saya baru belajar ni om.. Mau tanya, kalo silicon rubber kan harganya mahal.. Kurang cocok untuk kantong anak kuliah. Bentuk yang mau saya buat lurus lurus saja, tidak rumit, kalo saya buat cetakannya dari resin + katalis juga bisa ngga? Nanti produknya bakal nempel sama cetakan ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bahan dasar produknya terbuat dari resin pasti menempel dengan cetakannya mba,..

      Delete
  3. haloo..
    saya coba bikin pernak pernik dari resin bening... hasilnya mantap om... tapi kerjanya agak lumayan cape karena supaya terlihat kinclong harus diamplas2 dlu terus digosok2 pake kit lumayan olah raga tangan...
    karena saya termasuk orang yang ga mau ribet akhirnya saya cari2 resin yang bisa langsung kinclong tanpa digosok2...cba tanya ke mbah gugel...dapat juga tuch resin super kinclong...mantaap dahh,

    klo agan2 mau coba namanya eeeee...LYCAL RESIN,
    harganya mahal selangit....tapi mantap,,,
    setelah banding2 hrga yang paling ok hanya di www.resinlycal.web.id

    sharing ini semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Mantabzz Mas brow semoga tambah semngat memberi pelajaran pada kita2 kunjungi balik...ya
    saja juga menjual produk2 kerajinan dari resin
    dapurseni.blogdetik.com

    ReplyDelete
  5. saya jual resinnya kalo butuh, cek di http://resin-bekasi.blogspot.com

    makasih admin (dodoy) :)

    ReplyDelete