Monday, October 15, 2012

Klasifikasi Ilmiah Kupu-Kupu

Kupu-kupu "Bushbrown butterfly" (Mycalesis horsfieldi)

 
Klasifikasi Ilmiah Kupu-Kupu
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758hewan
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829hewan berbuku-buku
Class: Insecta Linnaeus, 1758serangga
(unranked) Dicondylia – merupakan kelompok serangga yang mempunyai dua titik artikulasi/penghubung atau dua "mandibular condyle" pada setiap "mandible"-nya, sementara kelompok lain, "Monocondylia", hanya mempunyai 1 titik artikulasi, meliputi "Thysanura" dan "Pterygota"
Subclass: Pterygota Lang, 1888 – kelompok serangga bersayap, termasuk jenis serangga yang kini tidak lagi bersayap tetapi nenek moyangnya merupakan serangga bersayap, meliputi "Paleoptera" dan "Neoptera".
(unranked) Metapterygota
Infraclass: Neoptera Wulp, 1890 – kelompok serangga bersayap yang dapat melipat/mengepakan sayapnya melewati perut, meliputi 2 superorder, "Exopterygota" dan "Endopterygota", dan beberapa proposed superorder yaitu: "Dictyoptera", "Paraneoptera", "Neuropterida"/"Neuropteroidea", "Mecopteroidea"/"Antliophora", "Amphiesmenoptera".
(unranked) Eumetabola
Superorder: Endopterygota Sharp, 1898 – atau dikenal juga dengan nama "Holometabola", kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna yang siklus hidupnya dimulai dari telur, larva, pupa, dan imago (serangga dewasa) dimana antara larva dan imago mempunyai bentuk dan sifat yang sangat berbeda, meliputi ordo "Hymenoptera", "Coleoptera", "Strepsiptera", "Raphidioptera", "Megaloptera", "Neuroptera", "Mecoptera", "Siphonaptera", "Diptera", "Trichoptera", "Lepidoptera".
Order: Lepidoptera Linnaeus, 1758 Lepidoptera adalah ordo serangga yang meliputi kupu-kupu dan ngengat. Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. Lepidoptera meliputi 4 subordo "Aglossata", "Glossata", "Heterobathmiina", "Zeugloptera".
Suborder: Glossata (Fabricius, 1775) – kelompok Lepidoptera yang mempunyai probosis (mulut penghisap) yang dapat tergulung, meliputi "Acanthoctesia", "Dacnonypha", "Exoporia", "Heteroneura", "Lophocoronina", "Neopseustina".
Cohort: Myoglossata – meliputi subcohort Myoglossata dan "Neolepidoptera".
Subcohort: Neolepidoptera – Neolepidoptera berbeda dengan Myoglossata dalam tingkat larva (ulat), morfologi pupa, dan mandible (rahang)nya lebih kecil. Mereka juga berbeda dalam sistem reproduksinya. Prolegnya mempunyai otot dan penjepit (apical hooklet). Organ reproduksinya mempunyai 2 bukaan. Mereka juga berbeda dalam struktur sayap. Pupanya tidak sempurna atau obtect.
Infraorder: Heteroneura – kelompok "Glossata" yang mempunyai venasi sayap yang tidak sama pada 2 pasang sayapnya, sekitar 99% Lepidoptera merupakan anggota Heteroneura, meliputi "Ditrysia" dan "Monotrysia".
Division: Ditrysia Borner, 1925 – kelompok Heteroneura yang betinanya mempunyai 2 bukaan seksual yang berbeda, satu untuk kawin, lainnya untuk bertelur. Sekitar 98% anggota Lepidoptera merupakan anggota Ditrysia.
(unranked) Apoditrysia
(unranked) Obtectomera
(unranked) Macrolepidoptera kelompok kupu-kupu dan ngengat yang berukuran besar,merupakan lawan dari "Microlepidoptera", meliputi superfamili "Mimallonoidea", "Lasiocampoidea", "Bombycoidea", "Noctuoidea", "Drepanoidea", "Geometroidea", "Axioidea", "Calliduloidea", "Hedyloidea", "Hesperioidea", "Papilionoidea".
(unranked) Rhopalocera – Kelompok kupu-kupu. Nama Rhopalocera diberikan untuk membedakan dengan kelompok ngengat ("Heterocera") berdasarkan bentuk dari antenanya. Rhopalocera berarti "club-antennae" yaitu antena dengan bulatan kecil (atau 'club') di ujungnya. Berbeda dengan "Heterocera" yang berarti "varied-antennae", yaitu antena yang bervariasi.
Kelompok kupu-kupu meliputi true butterflies (superfamily "Papilionoidea", terdiri dari family "Papilionidae", "Pieridae", "Nymphalidae", "Lycaenidae", "Riodinidae"), skippers (superfamily Hesperioidea dengan 1 family "Hesperiidae") dan moth-butterflies (superfamily Hedyloidea dengan 1 family "Hedylidae").
Family "Hesperiidae", atau Skippers, dimana sebagian orang ada yang menganggapnya sebagai ngengat dan sebagian lagi ada yang menganggapnya sebagai kupu-kupu, mempunyai morfologi atau bentuk yang berbeda dari kupu-kupu dan ngengat.
Dari keseluruhan anggota ordo Lepidoptera, anggotanya yang membentuk kelompok kupu-kupu ini jumlahnya hanya sekitar 10% saja, sisanya merupakan anggota kelompok ngengat (moths).
catatan (tata nama biologi):
Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.
 

Galeri foto kupu-kupu hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i:


Kupu-Kupu Lycaenidae: Lampides boeticus

Kupu-Kupu Nymphalidae: Mycalesis horsfieldi
   
kupukupubersayapkuning01[4]
Kupu-kupu Pieridae: Delias hyparete

Kupu-Kupu Pieridae: Leptosia nina
   

Kupu-kupu Skipper: Borbo cinnara

Kupu-Kupu Skipper: Taractrocera archias
   

Kupu-Kupu Skipper: Tagiades gana
 
   

Posting Terbaru

2 comments:

  1. boleh tauk untuk identifikasi menggunakan apa ya? thx

    ReplyDelete
  2. boleh tauk untuk identifikasi menggunakan apa ya? thx

    ReplyDelete