Friday, October 12, 2012

Klasifikasi Ilmiah Hewan

Dari kiri ke kanan mulai dari atas-kiri: spons, kelompok hewan lunak, kelompok hewan berongga, siput, kaki seribu, bintang ular, capung, bulu babi, ikan cupang, biawak komodo, kodok tegalan, jalak bali, macan tutul jawa, kakatua maluku, jerapah, badak jawa, tarsius, dan kuskus.

 
Klasifikasi Ilmiah Hewan
Domain: Eukaryota Whittaker & Margulis,1978 Eukariota, organisme dengan sel kompleks, di mana bahan-bahan genetika disusun menjadi "nuklei" yang terikat membran, atau mudahnya disebut sebagai makhluk hidup yang memiliki membran inti sel,berbeda dengan Prokariota yang merupakan makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti sel. Eukariota meliputi kerajaan (kingdom) Animalia, Fungi, "Amoebozoa", Plantae, Chromalveolata, Rhizaria, dan Excavata
(unranked) Unikonta – kelompok Eukariota yang mempunyai flagelum (alat gerak seperti cambuk) tunggal, atau amuba tanpa flagela, meliputi "Opisthokonta", "Amoebozoa", dan "Apusozoa". Sementara kelompok lain yang mempunyai 2 atau lebih flagela disebut Bikonta.
(Unranked) Opisthokonta – kelompok "Unikonta" yang sel-sel flagelata-nya bergerak dengan flagelum tunggal yang ada dibelakangnya, meliputi kingdom Animalia, Fungi dan mikro-organisme eukariota lainnya.
(Unranked) Holozoa Lang et al. 2002 – kelompok "Opisthokonta" yang lebih menyerupai Animalia daripada Fungi, meliputi "Filozoa" dan "Mesomycetozoa".
(Unranked) Filozoa – kelompok "Holozoa" yang lebih menyerupai Animalia daripada "Mesomycetozoa", meliputi kingdom Animalia dan 2 kelas (class) yaitu "Filasterea" dan "Choanoflagellatea".
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758hewan, kelompok utama dari organisme eukariota bersel banyak (multiseluler) yang membedakan mereka dengan bakteria dan protista,dan juga heterotrofik yang artinya tidak dapat membuat energi sendiri, tetapi harus mengambil dari lingkungan sekitarnya yang menjadikan mereka berbeda dengan tumbuhan dan alga yang adalah autotrofik. Hewan juga tidak memiliki dinding sel yang kuat yang juga membedakan mereka dengan tumbuhan, alga dan fungi. Hewan mempunyai daya gerak ("motile") dan cepat tanggap terhadap rangsangan dari luar. Pada kebanyakan hewan, embrio-nya melalui "tahapan blastula" yang mana hal tersebut hanya terdapat pada hewan saja. Kerajaan hewan meliputi 2 subkingdom, "Eumetazoa" dan "Parazoa", dimana "Eumetazoa" adalah kelompok utama hewan yang mempunyai jaringan tubuh sejati (true tissue) yang tersusun dalam lapisan germinal ("germ layer"/lapisan nutfah), dan mempunyai embrio yang melalui "tahap gastrula", sedangkan "Parazoa" adalah kelompok hewan yang tidak mempunyai jaringan dan tidak mempunyai simetri tubuh.
Kelompok hewan meliputi filum hewan:
catatan (tata nama biologi):
Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.
 
    Klasifikasi Ilmiah Serangga (Arthropoda)  
   

Posting Terbaru

No comments:

Post a Comment