Sunday, October 14, 2012

Klasifikasi Ilmiah Capung

capung badak_Orthetrum sabina

 
Klasifikasi Ilmiah Capung
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758hewan
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829hewan berbuku-buku
Class: Insecta Linnaeus, 1758serangga
(unranked) Dicondylia – merupakan kelompok serangga yang mempunyai dua titik artikulasi/penghubung atau dua "mandibular condyle" pada setiap "mandible"-nya, sementara kelompok lain, "Monocondylia", hanya mempunyai 1 titik artikulasi, meliputi "Thysanura" dan "Pterygota"
Subclass: Pterygota Lang, 1888 – kelompok serangga bersayap, termasuk jenis serangga yang kini tidak lagi bersayap tetapi nenek moyangnya merupakan serangga bersayap, meliputi "Paleoptera" dan "Neoptera".
Infraclass: Palaeoptera Martynov, 1923 – kelompok serangga bersayap yang tidak dapat melipat/mengepakan sayapnya melewati perut,meliputi 3 superorder yaitu "Ephemeropteroidea", "Odonatoptera", "Palaeodictyopteroidea".
Superorder: Odonatoptera Martynov, 1932 – kelompok serangga bersayap purba dimana hanya capung dan capung jarum saja yang menjadi anggotanya yang masih hidup, meliputi 6 ordo (Geroptera, "Protodonata" (atau Meganisoptera), Protanisoptera, Triadophlebioptera, Protozygoptera, "Odonata") dan 3 famili (Erasipteridae, Campylopteridae, Lapeyriidae).
Order: Odonata Fabricius, 1793Odonata merupakan ordo serangga yang meliputi "Epiprocta" ("dragonflies"- capung) dan "Zygoptera" ("damselflies"- capung jarum).
(unranked) Epiprocta Lohmann, 1996 – meliputi  "Epiophlebioptera" dan "Anisoptera"
Suborder: Anisoptera Selys, 1854 – kelompok capung, serangga dengan mata kompon yang besar, 2 pasang sayap transparat yang kuat, dan tubuh yang memanjang, meliputi famili "Aeshnidae, "Austropetaliidae", "Chlorogomphidae", "Cordulegastridae", "Corduliidae", "Gomphidae", "Libellulidae", "Macromiidae", "Neopetaliidae", "Petaluridae", "Synthemistidae". Kata Anisoptera berarti "sayap yang berbeda" dimana sayap depan dan sayap belakang capung mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda, sementara pada capung jarum, kedua pasang sayapnya mempunyai bentuk yang sama (Zygoptera="sayap yang sama")
catatan (tata nama biologi):
Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.
 

Galeri foto capung hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i:

CapungDiplacodestrivialis13_thumb[3]
Capung Libellulidae: Diplacodes trivialis jantan
capungDiplacodestrivialis_ChalkyPerc[15]_thumb[3]
Capung Libellulidae: Diplacodes trivialis betina
   
capungNeurothemisterminata[22][5]Capung Libellulidae: Neurothemis terminata
jantan (male)
CapungNeurothemisterminata_Straighte[8][8]Capung Libellulidae: Neurothemis terminata
betina (female)
   
capung badak_Orthetrum sabina
Capung Libellulidae: Orthetrum sabina
jantan dan betinanya serupa
aDSC07038710
Capung Libellulidae: Orthetrum sabina
suka memangsa capung lain
   
Capung Libellulidae: Potamarcha congener jantan
Capung Libellulidae: Potamarcha congener
jantan
Capung Libellulidae: Potamarcha congener betina
Capung Libellulidae: Potamarcha congener
betina

Posting Terbaru

No comments:

Post a Comment