Sunday, October 21, 2012

Klasifikasi Ilmiah Lalat

lalat hijau

 
Klasifikasi Ilmiah Lalat
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758hewan
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829hewan berbuku-buku
Class: Insecta Linnaeus, 1758serangga
(unranked) Dicondylia – merupakan kelompok serangga yang mempunyai dua titik artikulasi/penghubung atau dua "mandibular condyle" pada setiap "mandible"-nya, sementara kelompok lain, "Monocondylia", hanya mempunyai 1 titik artikulasi, meliputi "Thysanura" dan "Pterygota"
Subclass: Pterygota Lang, 1888 – kelompok serangga bersayap, termasuk jenis serangga yang kini tidak lagi bersayap tetapi nenek moyangnya merupakan serangga bersayap, meliputi "Paleoptera" dan "Neoptera".
(unranked) Metapterygota
Infraclass: Neoptera Wulp, 1890 – kelompok serangga bersayap yang dapat melipat/mengepakan sayapnya melewati perut, meliputi 2 superorder, "Exopterygota" dan "Endopterygota", dan beberapa proposed superorder yaitu: "Dictyoptera", "Paraneoptera", "Neuropterida"/"Neuropteroidea", "Mecopteroidea"/"Antliophora", "Amphiesmenoptera".
Superorder: Panorpida
(unranked) Antliophora
Order: Diptera Linnaeus, 1758 – Kata "Diptera" berasal dari bahasa Yunani dimana di = dua, dan ptera = sayap. Hal yang membedakannya dengan ordo bangsa serangga lain adalah adanya sepasang sayap asli serta sepasang sayap kecil ("halteres") yang digunakan untuk menjaga stabilitas saat terbang. Diptera meliputi 2 suborder, yaitu "Nematocera" (subordo bangsa nyamuk) dan "Brachycera" (subordo bangsa lalat). Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk berdasarkan ukuran antenanya; lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang
Suborder: Brachycera Schiner, 1862 – subordo lalat, merupakan subordo utama dengan 120 famili. Hal yang paling membedakan kelompok ini dengan lainnya adalah telah berkurangnya segmentasi antena, meliputi infaorder "Asilomorpha", "Muscomorpha", "Stratiomyomorpha", "Tabanomorpha", "Vermileonomorpha", "Xylophagomorpha".
catatan (tata nama biologi):
Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.
 

Galeri foto lalat

mata-merah-lalat-hijau_210Lalat Hijau Lucilia sericata neoIMG_4638neo[8]
Lalat Tentara: Hermetia illucens

Posting Terbaru

No comments:

Post a Comment