Friday, November 2, 2012

Membuat Kerajinan Dari Resin Bening

Ingin belajar membuat kerajinan dari resin berupa gantungan kunci yang didalamnya bisa diisi dengan sesuatu seperti serangga yang sudah diawetkan tapi tidak tahu caranya. Tapi akhirnya setelah googling sana sini, ketemu juga artikel yang bisa menjelaskan dengan cukup baik bagaimana caranya membuat kerajinan dari resin yang dalamnya bisa diisi dengan sesuatu. Caranya adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:
1. Resin Bening.
2. Katalis.

Bahan Pendukung:
1. Mal atau wadah cetakan, bisa bekas Tupperware, wadah kue atau bekal atau jika ingin lebih artistik lagi bisa dibuat dengan Silicon Rubber RTV.
2. Bahan untuk isian, bisa diisi seperti koin, manik-manik, kerang-kerangan, serangga yang sudah diawetkan dll. 
3. Release Agent /Wax/Mirror Glaze/Semir. Ini hanya optional jika diperlukan, digunakan untuk mengolesi wadah cetakan yang kira-kira hasil cetakannya nanti susah dikeluarin.
4. Wadah untuk mencampur dan mengaduk resin dan katalis. Untuk resin bening pakailah yang standar untuk bahan kimia, karena kalau pakai plastik biasa, seperti bekas gelas air mineral, akan mempengaruhi kejernihan hasil akhirnya.

peralatan dan bahan untuk membuat kerajinan dari resin Peralatan dan bahan.

Proses pembuatan kerajinan dari resin:
Kalau hasil akhir yang diinginkan hanya satu warna (bening saja) + ada isiannya, maka tahapannya hanya dua proses saja. Sedangkan jika ingin dua atau lebih warna, maka bisa menjadi tiga proses tahapan dan seterusnya.

1. Buat adonan untuk lapisan pertama (yang nanti akan menjadi bagian atas). Tuangkan resin bening kurang-lebih sama dengan volume wadah cetakan. Setelah itu tambahkan beberapa tetes Katalis dengan perbandingan normal 10:1 (Resin:Katalis).

Proses pencampuran resin dengan katalis (10:1)Proses pencampuran resin dengan katalis (10:1)

2. Segera aduk campurann sampai rata. Dalam proses ini perlu diperhatikan bahwa warna resin akan berubah menjadi agak keruh. Hal itu tidak mengapa, itu pertanda bahwa katalis-nya sedang bekerja. Setelah campuran resin dan katalis diaduk rata jangan langsung dituang ke dalam wadah cetakan, tunggu sampai gelembung-gelembung udaranya menghilang. Jangan khawatir campurannya keburu keras, jika perbandingan Resin:Katalis-nya tadi benar 10:1 maka proses pengerasannya masih cukup lama ya.

Setelah resin dan katalis dicampur dan diaduk, akan muncul gelembung udara.Setelah resin dan katalis dicampur dan diaduk, akan muncul gelembung udara.

3. Tunggu beberapa menit sampai campuran resin dan katalis menjadi seperti gel. Jadi tidak terlalu keras dan agak sedikit lembek.

4. Setelah campuran resin dan katalis menjadi gel, segera buat campuran baru yang sama untuk lapisan kedua. Siapkan pula bahan isian yang akan dimasukkan, dalam gambar contoh itu adalah sebuah koin. Agar tidak muncul gelembung di sekitar benda isian ketika nantinya sudah jadi (keras), ketika akan memasukkan benda isian, maka semua bagiannya harus dilumuri dengan campuran resin dan katalis untuk lapisan kedua tersebut, bersamaan dengan menuangkan campuran lapisan kedua tersebut diatas lapisan pertama yang sudah menjadi gel tadi.

Cara meletakan isian Cara meletakan isian.

5. Untuk hasil akhir yang hanya dengan satu warna saja, maka proses pembuatan kerajinan dari resin tersebut sudah selesai, tinggal menunggu mengerasnya semua lapisan resin tadi. Namun jika ingin menambah dengan lapisan warna yang lain lagi, maka ulangi langkah no. 4 dengan menambahkan pewarna secukupnya pada campuran resin dan katalis.

6. Setelah mengeras, maka hasil akhir dari kerajinan dari resin bening siap dikeluarkan dari wadah cetakan.

hasil-jadiHasil akhir.

sumber: http://resinkatalis.wordpress.com/2009/11/07/membuat-benda-fiberglass-bening/

Posting Terbaru

33 comments:

  1. makasih om postingannya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bos kalo butuh resinnya perusahaan kami menjual berbagai macam resin dengan kualitas terbaik karena kami adalah PMA Jepang yang khusus membuat resin. info lebih lengkap dapat menghubungi kami di 021 5523752.

      Delete
  2. Saya baru belajar ni om.. Mau tanya, kalo silicon rubber kan harganya mahal.. Kurang cocok untuk kantong anak kuliah. Bentuk yang mau saya buat lurus lurus saja, tidak rumit, kalo saya buat cetakannya dari resin + katalis juga bisa ngga? Nanti produknya bakal nempel sama cetakan ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bahan dasar produknya terbuat dari resin pasti menempel dengan cetakannya mba,..

      Delete
  3. haloo..
    saya coba bikin pernak pernik dari resin bening... hasilnya mantap om... tapi kerjanya agak lumayan cape karena supaya terlihat kinclong harus diamplas2 dlu terus digosok2 pake kit lumayan olah raga tangan...
    karena saya termasuk orang yang ga mau ribet akhirnya saya cari2 resin yang bisa langsung kinclong tanpa digosok2...cba tanya ke mbah gugel...dapat juga tuch resin super kinclong...mantaap dahh,

    klo agan2 mau coba namanya eeeee...LYCAL RESIN,
    harganya mahal selangit....tapi mantap,,,
    setelah banding2 hrga yang paling ok hanya di www.resinlycal.web.id

    sharing ini semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya gan apakah resin lycal kalo sdh mengering ga ush d amplas2 lg yah biar tetep kinclong

      Delete
  4. Mantabzz Mas brow semoga tambah semngat memberi pelajaran pada kita2 kunjungi balik...ya
    saja juga menjual produk2 kerajinan dari resin
    dapurseni.blogdetik.com

    ReplyDelete
  5. saya jual resinnya kalo butuh, cek di http://resin-bekasi.blogspot.com

    makasih admin (dodoy) :)

    ReplyDelete
  6. Infonya sangat bermanfaat ... kebetulan saya jg lg mulai mengawali produk resin .... mhn infonya dong ; jenis & kegunaan, harga, dan brngkali ada info menarik lainnya ..

    ReplyDelete
  7. kalo bikin cetakan pake silikon apakah ada bahan lagi yang dicampurin ke silikon dan apa fungsinya
    makasih .....

    ReplyDelete
  8. kertas apa ya yang bagus untuk ditaruh didalam resin, aku udah coba kertas hvs, kertas foto, kertas kinstrik semua hasilnya kurang bagus terutama warna putih polos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hasil printing photonya luntur itu bisa jadi disebabkan karna kulitas tinta printernya gan.. karna dulu sempat nyoba pakai tinta sublim emang gak cocok, yang bisa pakai tinta dye atau tinta art paper..

      Delete
  9. kak aq kan bikin kerajinan resin dikombi nasi ama kayu .kok kadang gak mau nempel ama kayunya .sebabnya apa dan jenis resin clear yang seri berapa.kadang juga yang luarnya kering tapi yang dalam nya masih basah yang menempel kayunya .jadi sering copot .tolong sarannya kak.

    ReplyDelete
  10. Karena mahal, gunakan sulikon hanya untuk cetakan yg sangat rumit dan detil seperti sidik jari misalnya. Untuk bentuk sederhana gunakan resin saja, lapisi dh glaze wax sblm digunakan

    ReplyDelete
  11. Karena mahal, gunakan sulikon hanya untuk cetakan yg sangat rumit dan detil seperti sidik jari misalnya. Untuk bentuk sederhana gunakan resin saja, lapisi dh glaze wax sblm digunakan

    ReplyDelete
  12. Bro, kalo yg mo dijadikan isian dari resin.x itu benda2 dari kertas kayak origami ato papercraft mini, kira2 bisa kah? Ga akan mengkerut atau warna.x akan memudar gitu?

    ReplyDelete
  13. Sory gan klu cetakanya dari kaca bisa ga? n harus dilapisi apa supaya resinya ga nmpel dikaca? Thx infonya.

    ReplyDelete
  14. Makasih infonya, ada yg mau saya tanyakan, kalau saya ingin membuat bentuk seperti mangkok, apakah bisa saya gunakan baskom plastik dengan dua ukuran berbeda ( baskom yg besar untuk mencetak resinnya dan baskom yg lebihkecil untuk membuat sisi dalam menjadi cekung), terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  15. Saya mau minta tolong biarin lampu motor suzuki sky wave bisa gak , kaca nya aja bisa gak sms ke 0812 97799 42

    ReplyDelete
  16. Gan mau tanya .ane mau nge resin gitar ane yg retak. Biar bagus hasilnya gimana ya. Retakannya sudah di atasi dan sudah halus. Minta no kontak gan biar skalian tanya"

    ReplyDelete
  17. kak mau nanya, kalo resin cast itu apa ya? apakah resin yg siap pake atau semacam katalis?

    ReplyDelete
  18. campuran yg tepat brapa resin tu?

    ReplyDelete
  19. nambah ilmu, terimakasih infonya..
    silahkan cek juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html untuk pembuatan floor hardener

    ReplyDelete
  20. Gimana supaya resin tidak nempel di cetakan?
    Sama kalo udah jadi kita ampas apa bisa kinclong/jernis?
    Bagi2 resep dong gan!!!!!!

    ReplyDelete
  21. Gimana supaya resin tidak nempel di cetakan?
    Sama kalo udah jadi kita ampas apa bisa kinclong/jernis?
    Bagi2 resep dong gan!!!!!!

    ReplyDelete
  22. saya mau tanya kalo cara bikin kepala sabuk dengan cara resin bagaimana? bahan yg diperlukan ap saja?

    ReplyDelete
  23. kalo utntuk kandom hp yang warnanya putih bening itu pakai bahan apa ya?

    ReplyDelete